Beranda > Uncategorized > NUMPANG MAHROM – wanita safar dengan wanita lain yang bermahrom

NUMPANG MAHROM – wanita safar dengan wanita lain yang bermahrom

 

Abu Ismail Muhammad Rijal, Lc

Tanya:

Bolehkah seorang wanita safar bersama kawan wanitanya yang safar bersama mahrom?

 

Jawab:

Tidak boleh seorang wanita safar bersama wanita lain yang safar bersama mahrom. Karena laki-laki tersebut hanya mahrom bagi salah satunya dan bukan mahrom keduanya.

Telah diketahui bersama bahwasannya Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam melarang seorang wanita safar tanpa mahrom yang menyertainya. Beliau bersabda:

لا يحل لامرأة تؤمن بالله واليوم الآخر أن تسافر إلا مع ذي محرم

“Tidak halal bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhir melakukan safar kecuali bersama dengan mahromnya.”

Yang dimaksud dengan mahram dalam hadits di atas adalah mahrom bagi si wanita yang melakukan safar, yaitu suaminya dan atau orang-orang yang diharamkan menikah dengannya selama-lamanya karena nasab, pernikahan atau susuan.

Mahrom karena nasab seperti: ayahnya, kakeknya, anak laki-lakinya, atau saudara laki-laki baik sekandung, sebapak atau seibi, atau paman-pamannya.

Termasuk mahram juga orang-orang yang diharamkan selama-lamanya karena sebab pernikahan seperti bapak mertua, atau mahrom karena sebab persususan seperti saudara laki-laki sesusuan inilah mahrom wanita yang bisa menyertainya dalam safar.

Ada perkara lain yang perlu juga kita ingatkan dalam majelis ini, ada anggapan di sekitar kita bahwasannya wanita bisa menjadi mahrom bagi wanita lain dalam safar, sehingga tidak jarang kita mendengar serombongan jamaah umroh yang terdiri dari sekian banyak wanita tanpa mahrom dengan anggapan wanita bisa menjadi mahrom bagi lainnya.

Ini adalah pemahaman yang menyelisihi Al-Kitab dan As-Sunnah, wanita tidak bisa menjadi mahrom untuk wanita lainnya, sebagaimana wanita tidak boleh menganggap mahrom kawan wanitanya sebagai mahromnya dalam safar. Allahu a’lam.

 

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: