Serba-Serbi Aisar

Soal 1:

Setelah mengalami revisi Aisar mulai edisi kelima hingga kedelapan sangat berbeda dengan edisi sebelumnya terkait dengan jumlah huruf pada jalsah 1 hingga 28.

Jawab: Mengapa jumlah huruf lebih sedikit? dengan maksud agar guru mengajarkan huruf tersebut benar-benar dengan cara talqin. Sampai benar-benar murid menguasai. Dengan sedikitnya huruf mendorong guru untuk mentalkin semua huruf dalam latihan. Setelah itu dipersilahkan murid untuk membaca beberapa kali hingga benar-benar mutkin.  Jangan dibiarkan murid hanya membaca sekali tanpa ditalkin kemudian berpindah pada jalsah berikutnya.

Soal 2:

Apa maksud dan tujuan pembelajaran jalsah 1 sd jalsah 28?

Jawab: Maksud dan tujuan pembelajaran jalsah 1 hingga 28 adalah: murid benar-benar mampu membaca huruf hijaiyyah dalam keadaan berfathah dengan menyempurnakan huruf-huruf dan harokatnya (dalam hal ini harokat Fathah), disamping murid juga telah menghafal huruf-huruf tersebut.

Soal 3:

Apa yang dimaksud dengan menyempurnakan huruf?

Jawab: Yang dimaksud dengan menyempurnakan huruf adalah membaca huruf dengan memberikan sifat-sifatnya dari makhrojnya yang tepat. Misal mengucapkan huruf Ba’: huruf ini diucapkan dari makhrijnya yaitu : Syafatan (dua bibir) dengan cara mengatupkan dua bibir tersebut. Dan ketika membacanya memberikan sifat-sifat lazimah yang dimiliki huruf Ba’ seperti: Jahr, Syiddah, istifal,

 

 

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: